5 wisata pantai paling populer di Situbondo

PojokSitubondo– Libur telah tiba. Dunia pendidikan telah mengawali libur sejak Senin  tgl 21 Desember 2015. Sementara masyarakat umum akan menikmati libur mulai besok, Kamis tgl 24, 25, 26, & 27 Desember 2015.

image
Peta situbondo

Bagi masyarakat Situbondo, bisa memanfaatkan waktu liburan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Situbondo. Wisata Situbondo sebenarnya bervariasi, mulai dari wisata pantai hingga gunung. Namun, kali ini PonDo hanya akan membahas wisata pantai. Berikut adalah wisata Pantai, dimulai dari sebelah Barat hingga ujung Timur Situbondo.

  1. Pantai Tampora.
    Pantai Tampora terletak di daerah Banyuglugur. Untuk sampai ke sana, wisatawan harus melewati sebuah bukit. Dari atas bukit kita akan melihat hamparan pasir putih nan bersih, selain itu, jika kita melihat ke arah timur, maka akan terhampar puluhan kapal penangkap ikan yang sedang berlabuh.
image
Hamparan pasir Pantai Tampora

Di hari biasa, Pantai Tampora sering dikunjungi oleh pelajar yang sedang memadu kasih. Atau para mancing mania pun sering ke sini.
2. Pantai Pasir Putih.
Pantai Pasir Putih terletak tepat di tepi jalur pantura. Di akhir pekan, pantai ini ramai pengunjung baik dari masyarakat sekitar maupun dari kabupaten lain sekitar Situbondo.dengPerpaduan antara hamparan pasir putih, dan ombak yang tenang membuat pantai ini sangat kondusif untuk berenang, ataupun hanya sekedar bermain pasir di pinggir pantai. Kita juga bisa melihat terumbu karang dan di sore hari, kita bisa melihat sunset.
3. Pantai Pathek.
Pantai Pathek terletak di sebelah utara pusat kabupaten Situbondo. Untuk ke sana, aksesnya sangat bagus dan mudah. Karena papan penunjuk arah ke Pantai Pathek sangat jelas.

image
Pantai Pathek

Istilah Pathek merupakan kependekan dari ‘pacaran thek-ngitek’ (cara berpacaran dengan bersembunyi). Memang, dulu sebelum dikelola menjadi tempat wisata, pantai ini terkenal dikalangan pemuda untuk memadu kasih.
4. Pantai Banongan.
Pantai ini berada di area latihan TNI. Beberapa kali, Pak SBY ketika masih menjadi presiden, beberapa kali mengunjungi pantai ini. Tentu saja dalam rangka melihat latihan gabungan TNI.
Pantai Banongan terletak di sebelah utara Asembagus. Untuk sampai ke sana, kita akan melewati kebun tebu, atau jika sehabis ada latgab TNI, maka kita akan melihat bekas jalur tank.
Keunikan dari pantai ini adalah kita bisa menikmati air legen yang masih fresh, baru diambil dari pohon.
5. Pantai Bama.
Pantai ini berada di ujung timur Situbondo dan masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Baluran.  Dari jalan raya, sekitar 15 km ke utara dan melintasi Savana Bekol.

image
Pantai Bama

Selain menikmati hamparan pasir, di sana kita juga bisa ‘bercengkerama’ dengan ratusan monyet liar. Atau jika beruntung, di Savana Bekol kita akan menjumpai Banteng ataupun rusa.
Nah, itulah 5 tujuan wisata pantai yang ada di Kabupaten Situbondo. O iya, satu pesan PonDo jika akan ke pantai, yaitu jangan lupa bawa pakaian ganti dan lotion agar kulit tidak terbakar.
Selamat berlibur.

Dari Pojok Situbondo, mengabarkan!

Satu pemikiran pada “5 wisata pantai paling populer di Situbondo

Tinggalkan komentar